Catatan Tentang 'Anniversary 1st Year' Blogger Purworejo


Hari minggu kemarin saya menyempatkan diri untuk hadir dalam acara Hari Jadi Blogger Purworejo yang pertama. Hari jadi yang semestinya diadakan tepat tanggal 1 April ternyata diundur satu hari. Tapi tak mengapa ,justru bagi saya (pada waktu itu) adalah waktu yang pas untuk menghadiri karena bertepatan pada hari minggu. Seandainya saja diadakan pada tanggal 1 April kemungkinan justru saya mungkin tak bisa menghadiri acara tersebut. Dan itu menurut feeling saya ,pasti dari rekan-rekan blogger yang lain akan senasib dengan situasi saya pada waktu itu. Dan benar, acara yang diadakan di Bakaran Mbak Tin Jalan Jogja Pangen. Tempat yang lumayan bagus dan baru pertama kali saya menginjakkan kaki disana. 




Saya berangkat pukul 09.31 wib dari Yogyakarta. Dengan menempuh sekitar 1,5 jam menuju Kota Purworejo. Dan lebih kurang pukul 11.00 wib saya sudah sampai ke lokasi acara. Alhamdulillah bisa tepat waktu. Ternyata sampai disana ,banyak orang-orang baru yang belum saya kenal sama sekali. Dan yang hadir pun lumayan banyak. Tapi meskipun waktu sudah menunjukkan jam acara, ternyata masih ada beberapa rekan-rekan yang belum hadir. Apa mungkin di Purworejo sudah mulai macet dijalanan? hehe...
 

Entah pukul berapa tepatnya,acarapun dimulai. Dan pahitnya saya diminta sebagai MC,suatu profesi yang sangat jarang saya jalani. Padahal menurut saya pasti ada yang jago MC dan sangat lebih baik daripada saya. Tapi ya sudahlah jalani saja ,karena ini juga amanah dari Ketuanya.




Acara yang pertama dimulai dari sambutan Ketua Blogger Purworejo yang memberikan pencerahan mengenai keberadaan Komunitas Blogger Purworejo dimulai dari sejak awal mula berdirinya dan orang-orang yang terlibat pula. Serta beberapa kegiatan offline yang sudah dijalani selama 1 Tahun.Vistapura (Visit Wisata Purworejo Berirama) dan Blogger Purworejo Road To School (Penjelasan mengenai kegiatan ini bisa dilihat di Official Website Bloggerpurworejo.org). Dan karena kegiatan-kegiatan  positif ini pula yang mendasari saya untuk terus mendukung keberadaan komunitas ini dengan cara terlibat dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Walaupun saya sendiri domisili sementara sekarang berada di Yogyakarta dan hal ini pula yang menyebabkan kadang-kadang harus absen di kegiatan ngumpul rutin. 

 Setelah sambutan ketua selesai acara berlanjut dengan Pemotongan Tumpeng dan diserahkan kepada pihak Donatur utama yakni M-Cell Purworejo. Adanya donatur Bagi saya  adalah 'Awal Yang Indah' bagi komunitas yang baru berjalan 1 Tahun karena sudah mendapat kepercayaan dari Pebisnis Lokal di Purworejo untuk beriklan di Official Website Blogger Purworejo. Tentu program ruang iklan ini kedepannya harus di kelola secara profesional agar terjadi Win-win-solution ,ya kerjasama yang saling menguntungkan.


Acara berikutnya berlanjut dengan penjurian KONTES SEO dengan tema 'Membangun Komunitas Blogger Purworejo Berirama' . Kontes SEO Mini ini ditujukan hanya untuk member Blogger Purworejo saja dan sayangnya saya tak ikuti kontes ini.  Juara Kontes SEO ini mendapatkan DOmain + Hosting 2GB  serta 1 Free akses internet 1 Mbps selama 3 bulan . Juara ke 2 mendapatkan domain 1 tahun + free akses internet 750 Kbps selama 3 bulan . Juara ke-3  Hosting 100 MB 1 Tahun + Free akses internet 512 Kbps selama 3 bulan. Sponsor hadiah untuk domain+hosting disponsori oleh 7ruh.com sedangkan free akses internet di sponsori oleh CyberHome. Setelah penjurian dan penyerahan simbolik kepada pemenang acara berlanjut ke acara istirahat yaitu makan-makan menikmati hidangan dari Bakaran Mbak Tin Jalan Jogja Pangen. 

Setelah menikmati hidangan,acara berikutnya adalah sharing yang terlebih dahulu diawali dengan perkenalan dari teman-teman blogger bergiliran satu persatu. Dan juga sharing dari pemenang kontes SEO . Dan pada giliran sharing saya mengawali memberikan masukan mengenai kegiatan . Saya memberikan beberapa masukan dan saran seperti untuk mengadakan kegiatan online. Sebab,melihat keadaan saya yang jarang berada di Kota Purworejo karena harus nguli di Luar kota maka diperlukan kegiatan online entah itu berupa KONTES SEO MINI rutin atau yang lainnya. Setidaknya agar member blogger itu sering mengakses official websitenya, Kareena tentu ini akan berimbas pada popularitas situs bukan? Ya tentu saja. Apalagi sudah berani menawarkan space iklan tentu ada tanggung jawab untuk mempopulerkan produk/jasa yang ditawarkan sehingga akan berimbas pada meningkatnya profit. Saya sendiri jarang mengakses website blogger Purworejo karena sesuatu hal, dengan saya mengusulkan kegiatan online sebenarnya hendak ingin memaksakan diri saya sendiri untuk lebih aktif mengunjungi official website.
 

 
 Selain usulan tersebut,saya juga mengharapkan kegiatan yang sudah ada seperti BLogger Road o School untuk dilanjutkan kembali karena baru dilaksanakan sekali. Karena menurut saya kegiatan itu sangat positif. Karena dalam acara tersebut selain kampanye internet sehat juga memperkenalkan dunia blogger kepada para pemula atau yang sama sekali belum mengenal blog.  Dan ini adalah tantangan bagi semua member apakah bisa untuk meneruskan kegiatan ini,betul?


Dari rekan-rekan yang lain, ada yang mengusulkan untuk mengadakan acara kopdar secara bergilir dengan tempat yang bervariasi sehingga tak melulu monoton di basecamp. Ada juga mengusulkan untuk mengadakan wisata ke luar kota Purworejo yang diusulkan oleh ketuanya. Menurut saya ini kegiatan yang bagus untuk menjalin keakraban sesama member,sehingga akan meningkatkan kesolidan organisasi.

Kurang lebih pukul 2 siang acara ditutup dan acara berlanjut dengan sesi foto bareng yang berlokasi di pojok alun-alun Purworejo sebelah timur yang ada Tulisan Purworejo yang baru dibangun belum lama ini. Dan acara selesai meninggalkan kenangan yang tak terlupakan.
 


Yogyakarta , 2April 2013