Keutamaan Doa Pada Hari Jum'at Setelah Ashar

Keutamaan Doa pada hari Jum'at setelah Ashar


عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ: «يَوْمُ الْجُمُعَةِ ثِنْتَا عَشْرَةَ - يُرِيدُ - سَاعَةً، لَا يُوجَدُ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ شَيْئًا، إِلَّا أَتَاهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ، فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ»

Dari Jabir bin Abdullah dari Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam bahwasanya beliau bersabda,

 "Hari Jum'at terdiri dari dua belas jam. Tidak ada seorang muslim pun yang memohon sesuatu kepada Allah (pada suatu jam tertentu), melainkan Allah akan mengabulkannya. Maka carilah jam terkabulnya doa tersebut pada satu jam terakhir setelah shalat Ashar!"
 (HR. Abu Daud no. 1048 dan An-Nasai no. 1389, sanadnya baik, dinyatakan shahih oleh Al-Hakim, Adz-Dzahabi, An-Nawawi, dan Al-Albani, dan dinyatakan hasan oleh Ibnu Hajar al-Aasqalani)


عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: التَمِسُوا السَّاعَةَ الَّتِي تُرْجَى فِي يَوْمِ الجُمُعَةِ بَعْدَ العَصْرِ إِلَى غَيْبُوبَةِ الشَّمْسِ.
Dari Anas bin Malik Radhiyallahu 'anhu dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam bersabda,

 "Carilah satu jam yang diharapkan pada hari Jum'at pada waktu setelah shalat Ashar sampai waktu terbenamnya matahari!"
 (HR. Tirmidzi no. 489, di dalamnya terdapat seorang perawi yang lemah bernama Muhammad bin Abi Humaid az-Zuraqi. Namun hadits ini diriwayatkan dari jalur lain oleh Ath-Thabarani dalam Al-Mu'jam al-Awsath dan dikuatkan oleh hadits Jabir bin Abdullah dan Abdullah bin Salam di atas)

Catatan :
Syaikh Muqbil bin Hadi Rahimahullah menerangkan waktu tersebut adalah sebelum matahari tenggelam dan belum terdengar adzan Maghrib..

وَ الـلَّــــهُ اَعْــلَـــمْ بِالصَّــــوَابِ


" Karena menulis itu menyenangkan,maka menulislah" budi Seplawan


Sumber gambar : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJcjcVJkSEAgpJUkq9g_y_cwfMyFxALc_gBVxmbMTWev-OilJzWl_WujFh7DgzokLER3GNCYE3KeitwZuUWCIJoS170rf8EtQ7-lSvI-JbKbfmZlkeWw4kb4YPw6k95QNOMptYQWKoMRtx/s1600/oase+keutamaan+hari+jumat.jpg


0 Response to "Keutamaan Doa Pada Hari Jum'at Setelah Ashar"

Posting Komentar