‎​ KEUTAMAAN ANTARA ADZAN & IQAMAH

KEUTAMAAN ANTARA ADZAN & IQAMAH


Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, sesungguhnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

أَحَدُكُمْ مَا قَعَدَ يَنْتَظِرُ الصَّلاَةَ فِيْ صَلاَةٍ مَا لَمْ يُحْدِثْ تَدْعُوْ لَهُ الْمَلاَئِكَةُ :اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ اَللَّهُمَّ ارْحَمْهُ." 
"Tidaklah seseorang di antara kalian duduk menunggu shalat, selama ia berada dalam keadaan suci, melainkan para Malaikat akan mendo'akannya: 'Ya Allah, ampunilah ia. Ya Allah, sayangilah ia.'"
[Shahiih Muslim, kitab al-Masaajid wa Mawaadhi'ush Shalaah bab Fadhlu Shalaatil Jamaa'ah wa Intizhaarish Shalaah (I/460 no. 469 (276))]


Keutamaan lain yang akan didapat oleh orang yang duduk menunggu shalat -dengan keutamaan Allah Subhanahu wa Ta'ala-, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam telah memberikan kabar gembira bahwasanya orang yang berdo'a di antara waktu adzan dan iqamat, niscaya do'anya itu tidak akan ditolak. Para Imam (yaitu Imam Ahmad, Imam Ibnu Khuzaimah, Imam Ibnu Hibban dan Imam Dhi-ya-uddin al-Maqdisi) meriwayatkan dari Anas Radhiyallahu anhu, ia berkata: "Rasululah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ الدُّعَاءَ لاَ يُرَدُّ بَيْنَ اْلأَذَانِ وَاْلإِقَامَةِ، فَادْعُوْا.
'Sesungguhnya do'a (yang dipanjatkan) di antara adzan dan iqamat tidak akan pernah ditolak, karena itu berdo'alah.'"

[ Al-Musnad (XXI/247 no. 13668 cet. Mu-assasah ar-Risalah), dengan lafazh dari beliau. Diriwayatkan pula oleh Ibnu Khuzaimah dalam kitab ash-Shalaah (I/222 no. 427), al-Ihsaan fii Taqriibi Shahiih Ibni Hibban kitab ash-Shalaah bab al-Adzan (IV/593-594 no. 1696), al-Ahaadiits al-Mukhtaarah, bagian Musnad Anas bin Malik (IV/392-393 no. 1562).

Syaikh Syu'aib al-Arna-uth dan rekan-rekannya berkata dalam catatan pinggir kitab al-Musnad (XXI/247): "Sanadnya shahih."]Imam Ibnu Khuzaimah membuat bab pada hadits ini dengan judul: "Bab Dianjurkannya Berdo'a Antara Adzan dan Iqamat dengan Harapan bahwa Do'anya Tersebut Tidak Ditolak."


" Karena menulis itu menyenangkan,maka menulislah" budi Seplawan






0 Response to "‎​ KEUTAMAAN ANTARA ADZAN & IQAMAH"

Posting Komentar