Hati-Hati Dengan Cinta...,mengapa?

Hati - Hati Dengan Cinta.....!!!

Cinta Dapat Menyebabkan Kerinduan Yang Harus Diobati Dengan Menikah (Lanjutan Postingan Interaksi Lawan Jenis)Interaksi dengan lawan jenis bisa menyebabkan timbulnya rasa cinta. Meskipun awalnya biasa saja tidak ada perasaan apa-apa, akan tetapi karena sering berjumpa/berinteraksi secara langsung baik di dunia nyata atau dunia maya, perasaan cinta tersebut bisa timbul secara perlahan-lahan tapi pasti.

Jika sudah sering berinteraksi, ketika suatu saat tidak bertemu/berinteraksi, maka kemungkinan bisa timbul rasa rindu. Jika ini terjadi, bahkan sering dialami, maka berhati-hatilah dengan yang namanya rindu dan cinta ini, karena jika kita tidak bisa mengatasi dan mengendalikannya dengan cara yang benar dan syar'i maka akan terkena fitnah hati dan perangkap setan.

Lalu, apakah dalam syari'at Islam ada solusi ketika hal (rasa rindu dan cinta terhadap lain jenis) ini terjadi..?
Syari'at Islam merupakan syari'at yang sudah sempurna yang bisa memberikan solusi terhadap semua permasalahan yang ada, termasuk masalah rindu dan cinta terhadap lain jenis ini.

Ibnul Qayyim rahimullaah, salah seorang muridnya Ibnu Taymiyah, dalam kitab Beliau yang berjudul
 "Taman Orang-Orang Yang Jatuh Cinta dan Memendam Rindu", (hal 212 kitab asli yang bahasa arab) memberikan solusi bagi orang yang sedang jatuh cinta, bahwa obat bagi orang yang sedang jatuh cinta adalah menikah, sebagaimana yang terdapat dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu 'Abbaas radhiyallaahu 'anhu dari Rasuulullaah shallallaahu 'alaihi wasallam, bahwa Beliau bersabda :

"Tidaklah saya melihat (obat) bagi orang yang sedang jatuh cinta seperti menikah"
Ibnul Qayyim berkata (hal 212) :

"Telah sepakat pendapat orang-orang yang berakal dari para thabib/dokter bahwa obat peyembuh dari penyakit (jatuh cinta) ini adalah bertemunya dua ruh dan menyatunya kedua badan, Telah diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam shahihnya bahwa ketika Rasuulullah melihat wanita maka Beliau mendatangi Zianab istrinya lalu menunaikan hajatnya."

Dari penjelasan Ibnul Qayyim tersebut jelaslah bahwa orang yang merasa sudah jatuh cinta dengan lain jenis hendaklah segera menikah agar cintanya tersalurkan.

Oleh karena itu bagi orang yang sudah tertarik dan cinta kepada lain jenis hendaklah menyampaikan perasaannya dengan baik dan benar, Jika kedua belah pihak saling menerima, maka pihak laki-laki bisa melanjutkan ke langkah berikutnya yaitu ta'aruf dan datang menemui wali/keluarga wanita untuk meminangnya agar rasa tertarik/cinta mereka segera diikat oleh lamaran sehingga tidak ada peluang orang lain untuk mencintai orang yang dicintainya. Jika sudah proses lamaran sebaiknya jangan terlalu lama untuk melangkah ke proses aqad/pernikahan untuk meghindari fitnah dan hal-hal yang tidak diinginkan. Segeralah menikah agar bisa menikmati rasa cintanya.

Janganlah kita meremehkan masalah hati dan cinta ini karena banyak orang yang sukses hidup dan rumah tangganya karena cinta dan hati ini, tetapi tidak sedikit juga yang merasa gagal hidup dan rumah tangganya karena hati dan cinta ini.

Cinta yang akan langgeng adalah cinta yang didasari karena Allaah, ketaqwan, agama dan akhlaq. Semoga Allaah Menjaga cinta kita hanya kepada yang berhaq menerimanya. Allaahu A'lam. 

 By: Abu Ibrahim Sunni (fb)
Di Sebuah Grup Facebook


" Karena menulis itu menyenangkan,maka menulislah" budi Seplawan