APAKAH 10 MUHARRAM ITU LEBARAN ANAK YATIM?

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ


Apakah benar, bulan muharram dan hari asyura identik dengan lebaran anak yatim?

Ada hadis dlm kitab yang masyhur "Tanbihul ghafilin" karya Abu al-Layts al-Samarqandi (wafat 373H/ 983 M), seorang Sufi dan Ahli Hukum mazhab Hanafi:

Hadits tsb adalah :

من مسح يده على رأس يتيم يوم عاشوراء رفع الله تعالى بكل شعرة درجة

"Siapa yg mengusapkan tangannya pada kepala anak yatim, di hari Asyuro' (tgl 10 Muharram), maka Allah akan mengangkat derajatnya, dgn setiap helai rambut yg diusap satu derajat".

Hadis ini menjadi motivator utama masyarakat utk menyantuni anak yatim di hari Asyura. Sehingga banyak tersebar di masyarakat anjuran untuk menyantuni anak yatim di hari Asyura.Bahkan sampai menjadikan hari Asyura ini sbgi hari lebaran anak yatim..Sayangnya, ternyata hadis di atas adlh hadis palsu/Maudhu.Dalam jalur sanad hadis ini terdapat seorang perawi yg bernama: Habib bin Abi Habib.Para ulama hadis menyatakan bhw perawi ini matruk (ditinggalkan).

Berikut komentar para ulama kibar dlm hadis tentang Habib bin Abi Habib:

a. Imam Ahmad berkata : Habib bin Abi Habib pernah berdusta

b. Ibnu Ady mengatakan: Habib pernah memalsukan hadis (al-Maudhu'at, 2/203)

c. Adz Dzahabi mengatakan: "Tertuduh berdusta." (Talkhis Kitab al-Maudhu'at, 207).

d. Abu Hatim mengatakan: "Ini adlh hadis batil, tdk ada asalnya." (al-Maudhu'at, 2/203)

Keterangan di atas bukan mengingkari keutamaan menyantuni anak yatim. Bukan untuk melarang anda bersikap baik kpd anak yatim. Sama sekali bukan.Tidak kita pungkiri bahwa menyantuni anak yatim adalah satu amal yang mulia. Bahkan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menjanjikan dalam sebuah hadits :

"Saya dan orang yang menanggung hidup anak yatim seperti dua jari ini ketika di surga." Beliau berisyarat dgn jari telunjuk dan jari tengah, dan beliau memisahkannya sedikit." (HR. Bukhari no. 5304)
Allahu a'lam…


@Yukosiswanto
Sumber Gambar : http://www.anakyatim.org/wp-content/uploads/2012/10/Lebaran-anak-yatim.jpg